Forkot- Pada hari Rabu (6/11/2025) di ruang kerjanya, Kepala BPN Kota Depok, Budi Jaya di depan awak media menegaskan, insan media menjadi mitra strategis pemerintah. Media berperan menyampaikan informasi akurat, mengawal aspirasi publik, serta mendorong percepatan pembangunan di masyarakat.
“Kita harus bekerja sama dengan mengutamakan profesionalitas. Setiap pengaduan yang berkembang, mohon dikonfirmasi kepada kami,” ujarnya di sela-sela kegiatan.
Budi Jaya menyampaikan apresiasinya atas kehadiran para awak media ke kantor BPN Depok .
Ia menekankan BPN Depok terbuka untuk berdiskusi mengenai isu-isu pertanahan di Kota Depok.
Suasana pertemuan berlangsung hangat dan penuh dinamika berkat komunikasi dua arah yang tercipta.
Ada beberapa point kesepakatan untuk meningkatkan pelayanan dalam membantu masyarakat Depok dan sekitarnya,
1. Pelayanan yang sudah diatur oleh Pemerintah dalam Hal ini dibawah Kementerian Pusat ,dalam pengurusan lebih mudah dan sistimatis yakni dengan Pengurusan Online, yang paling membantu masyarakat , Namun dalam pelaksanaannya banyak Masyarakat yang belum memahaminya
” Kami tidak mengerti dengan sistim yang dibangun BPN ,” jelas Yuyun masyarakat Depok yang sempat diwawancarai pihak media terkait pelayanan online.
Sedangkan Yono salah satu pedagang pasar lama berujar, “Banyak membantu sih buat masyarakat seperti kami yang hanya pedagang jelas sangat membantu.”
Namun ATR/BPN tidak menutup mata akan adanya keluh kesah masyarakat dengan sistim online
“Tetap kami layani dan senantiasa kami berikan arahan agar semua pengurusan sesuai yang diharapkan, ” jelas Budi
2. Pelayanan Kearsipan Data Saat Pengajuan
Sesuai SOP bagi masyarakat yang ingin mengajukan serifikat , tentu ada Kelengkapan yang harus dilampirkan sesuai SOP dari Kementerian ATR/BPN. Namun banyak kendala dilapangan yang menuntut petugas pelayanan untuk dapat bersabar .
” Bila menemukan masalah dilapangan seperti itu agar dihadapi dengan kesabaran penuh dan berikan penjelasan yang baik agar mereka mengerti, saya tidak ingin mendengar ada laporan keluhan masyarakat tentang pelayanan,” tegas Budi
3. Kerja Nyata Masyarakat Puas
Mengarahkan dan menyampaikan informasi yang jelas kepada masyarakat dalam pengurusan sertifikat dengan kerja nyata sehingga masyarakat puas. Jenis pelayanan ATR/BPN sejak lama telah dilakukan dan seringkali petugas kami melupakan hal itu
“Saya selalu memonitor kerja dan tugas staf kami dan mengingatkan agar mereka tetap bekerja dengan Hati. Kepuasan masyarakat harus diutamakan sesuai Arahan Bapak Prabowo Presiden kita, melayani masyarakat itu Prioritas Utama.
“Kami siap bersinergi dan berkolaborasi dengan media serta menjunjung tinggi nilai profesionalitas,” pungkasnya (endo)