Bagaimana Cupra Kiro Bekerja di Balik Layar

Hanya beberapa langkah dari sirkuit yang telah menulis sejaraholahraga motor, masa depan sedang direncanakan. Dalam suasana modern Silverstone Park, jantungnyaolahraga motorInggris yang berdetak kencang di mana pengetahuan, teknologi, dan ambisi hidup berdampingan, perjalanan elektrik CUPRA Kiro, tim Formula E yang bermarkas di jantung distrik inovasi ini, mulai terbentuk.

Sebuah situs yang bukan hanya sebuah pabrik, tetapi juga laboratorium ide sejati, di mana Anda dapat menghirup ketegangan kreatif dari mereka yang bekerja setiap hari untuk menganalisis data, mengembangkan perangkat lunak, dan memoles seperseribu, mengejar setiap detail yang berguna untuk mengubah potensi menjadi hasil. Semuanya diarahkan pada satu tujuan: mengubah ambisi menjadi kinerja.

Mengunjungi kantor pusat CUPRA Kiro, seperti yang pernah dilakukan, bukan hanya berarti tenggelam dalam suasana unik dan magis yang mengelilingi Silverstone Park, tetapi juga menemukan bagaimana tim Formula E beroperasi di balik layar serta mengapa ini adalah mekanisme yang jauh lebih kompleks dan terkoordinasi daripada yang terlihat dari luar.

Ruang rasional: bagaimana pabrik dibagi

Kategori listrik menjadikan efisiensi sebagai intinya, baik di dalam maupun di luar lintasan. Inilah sebabnya mengapa tim tidak membutuhkan ruang yang sangat besar, melainkan fasilitas yang dirancang secara logis dan terorganisir dengan baik. Seperti tempat ini memiliki dua jiwa yang berbeda: di satu sisi, area operasional, yang tersebar di beberapa lantai dan didedikasikan untuk simulator, garasi jarak jauh, dan kantor teknis; di sisi lain, ‘bengkel’, tempat para mekanik menangani perakitan dan pemeliharaan mobil.

Tidak seperti Formula 1, di mana mobil-mobil kembali ke pabrik hampir setelah setiap balapan, Formula E menerapkan sistem logistik terpusat, dengan mengandalkan mitra resmi seri. Di akhir setiap putaran, mobil-mobil dengan satu kursi ditempatkan di kontainer khusus dan dikirim bersama-sama ke putaran berikutnya, yang memaksimalkan transportasi dan mengurangi dampak lingkungan.

Tentu saja, jika diperlukan, beberapa komponen dikirim ke pabrik, terutama selama jeda panjang antara dua acara, sehingga pekerjaan pemeliharaan dapat diselesaikan. Namun, inti dari aktivitas tim Formula E di pabrik berdetak di tempat lain, yaitu di bagian operasional. Hal yang sama berlaku untuk CUPRA Kiro, di mana sebagian besar fasilitas didedikasikan untuk pekerjaan para insinyur, pencipta keajaiban sejati yang mengubah data dan rencana menjadi kinerja.

Dari area yang didedikasikan untuk perakitan dan pemeliharaan mobil, terdapat akses langsung ke kantor, mulai dari garasi terpencil, salah satu area paling penting bagi tim balap. Di sinilah para insinyur, dalam sinergi yang sempurna dengan mereka yang berada di lintasan, memantau data secarareal timedan membentuk strategi yang mampu mengubah jalannya akhir pekan.

Jantung operasional: garasi jarak jauh

Dalam kategori di mana setiap balapan berubah menjadi labirin taktis yang rumit, kemampuan untuk memahami perkembangan balapan secara cepat dan akurat sangat penting. Hal ini karena, berbeda dengan seri lainnya, di Formula E tingkat energi sisa dari setiap mobil diumumkan secara berkala. Data penting ini dimasukkan ke dalam algoritma yang semakin kompleks dan disempurnakan yang dikembangkan oleh tim, sehingga memungkinkan para ahli strategi untuk memprediksi berbagai skenario dan kemungkinan perkembangan selama balapan.

Untuk alasan ini, dukungan dari pabrik menjadi sangat penting. Berkat fasilitas canggih dan penggunaan kecerdasan buatan, sejumlah besar data dianalisis secarareal timesehingga memberikan para ahli strategi parameter kunci untuk membuat keputusan yang cepat dan seefektif mungkin.

Di ruangan itulah, bersama dengan pekerjaan para insinyur di lapangan, lahir strategi yang membuatDan Ticktummeraih kemenangan pertama musim ini untuk CUPRA Kiro di Indonesia pada pertengahan Juni. Kemenangan yang diraih berkat pembacaan yang terampil terhadap balapan dan gerakan lawan, dikombinasikan dengan manajemen konsumsi bahan bakar yang optimal dan sisa daya baterai untuk mengeksploitasi setiap kW yang diizinkan.

Simulator dan perangkat lunak: pengaturan dan strategi lahir di sini

Di luar akhir pekan balapan, ruangan tersebut berubah menjadi pusat untuk memantau pekerjaan pengemudi di simulator, alat yang sama pentingnya bagi kesuksesan tim. Simulator yang ditempatkan di lingkungan khusus ini menciptakan sensasi yang sedekat mungkin dengan kenyataan. Sementara para insinyur dapat mengikuti sesi secarareal timedari garasi jarak jauh atau dari area khusus.

Di sinilah, sebelum setiap akhir pekan balapan,penyiapanyang akan digunakan di lintasan dipelajari dan pengembangan perangkat lunak yang dirancang untuk membuat kursi tunggal semakin efisien dan berkinerja baik diuji. Sementara lantai dasar menjadi tempat operasi, lantai atas merupakan kantor yang merupakan bagian lain dari jantung tim.

Selain insinyur yang menganalisis data dan mengembangkan pembaruan perangkat lunak, tim Formula E harus mematuhi parameter ekonomi yang ketat, karena aturan menetapkan anggaran tahunan yang tidak boleh dilampaui. Oleh karena itu, setiap pengeluaran dicatat dan dipantau dengan cermat oleh staf dan sistem khusus untuk memastikan kepatuhan penuh terhadap batasan yang ditetapkan oleh FIA.

Perencanaan ini sangat penting, karena memungkinkan anggaran didistribusikan antara pengembangan mobil, biaya operasional, pembelian peralatan baru jika diperlukan, perbaikan akibat kecelakaan dan aspek lainnya. Bahkan, setiap tim menyisihkan margin untuk cadangan ini bahkan sebelum musim dimulai, sehingga menghindari kejutan keuangan di akhir tahun.

Struktur organisasi ini selaras dengan keunggulan khas CUPRA Kiro dibandingkan banyak perusahaan swasta dalam kategori ini: hingga musim lalu, CUPRA Kiro adalah sebuah pabrikan, sehingga membentuk inti dari teknisi tingkat tinggi yang memiliki pengetahuan khusus dalam pengembangan.powertraindan apa yang diperlukan untuk membuat perangkat lunak menjadi lebih efisien.

Pengalaman ini sekarang dimanfaatkan dengan baik dalam sinergi dengan alat canggih, seperti simulator dinamis canggih dan platform analisis data berkapasitas tinggi, yang secara progresif diintegrasikan dengan sistem kecerdasan buatan untuk menyempurnakan model prediktif dan strategi energi. Dibandingkan dengan kejuaraan tahun lalu, dengan pergantian Powertrain, tim ini mengambil langkah maju yang menentukan, tidak hanya meraih kemenangan di Jakarta, tetapi juga naik podium di Tokyo dan beberapa kali masuk 10 besar.

Namun, pekerjaan Cupra tidak berhenti di lintasan. Komitmen terhadap FE bukan hanya tantangan olahraga, tetapi juga merupakan perpanjangan alami dari DNA merek, yang dipandang sebagai laboratorium berkinerja tinggi untuk mengantisipasi masa depan mobilitas. Beberapa teknologi yang dikembangkan di lintasan juga dievaluasi untuk diaplikasikan pada mobil jalan raya merek ini, dalam sebuah aliran pengetahuan yang berasal dariolahraga motor,terutama di tingkat perangkat lunak untuk manajemen energi, hingga ke tingkat produksi.

  • Formula EBagaimana Pergerakan Pasar Pembalap Formula E 2025-2026
  • Formula EFormula E Generasi Ke-4 Terbentuk: Apakah Akan Lebih Cepat daripada F2?